cara memahami sahabat

Image

Mungkin banyak sebagian orang berpendapat bahwa “sahabat itu penting buat kita”. Kata tersebut bisa saja muncul karena beberapa faktor seperti : seorang sahabat yang  bisa mengerti atau memahami kita,seorang sahabat yang bisa membantu kita,seorang sahabat yang slalu ada buat kita saat suka maupun duka,dll.Dari salah satu faktor tersebut seperti kata “seorang sahabat yang mengerti atau memahami kita”. Ada cara untuk bisa memahami atau mengerti seorang sahabat seperti :

  • Sharing (Curhat)

Jika sahabat kita terlihat sedang mendapat masalah, tetapi sahabat kita hanya diam dan tidak berbicara apa2. Itu mungkin malu untuk menceritakannya kepada kita maka sebaiknya kita bertanya padanya langsung masalah pa yang sedang dialami oleh sahabat kita. Jika sahabat kita masih belum mau cerita pada kita, sebaiknya kita diamkan saja dulu karena mungkin sahabat kita belum siap untuk bercerita pada kita. Jangan paksakan sahabat kita untuk menceritakan masalahnya kepada kita, karena itu akan membuat emosinya memuncak.

  • Character (Sifat)

Yang dimaksud character disini adalah kita harus memahami atau mengerti akan sahabat kita. Karena itu akan membuat kita ga jauh dari shabat kita dan kita akan mudah mengerti apa yang harus kita perbuat ketika shabat kita mendapat masalah. Misalnya sahabat kita bercharacter/bersifat sensitif, ketika ia mendpat masalah ia akan sulit melupakan/menyelesaikan maslahnya sendiri. Dan ini biasanya akan membuat emosinya memuncak, sehingga kita sebagai sahabatnya pun terkena emosinya. Seperti mgkin ia akn menjauh dari kita atau ia akan marah pada kita yg kita ga tahu apa penyebabnya. Untuk hal seperti ini cara yang terbaik kita lakukan adalah kita harus slalu menanyakan padanya apa permasalahannya, kita tetap slalu berada didekatnya dan kita harus minta ma’af padanya walaupun kita belum tau pa prmasalahannya. Jika kita sudah melakukan ini tetapi ia masih pada sifatnya, hanya diam dan diam kita harus tetap terus berada didekatnya. Karena semua ini akan membuat ia tersadar yang pada akhirnya ia akan mendekat pada kita dan menceritakan semuanya.

  • Nama Baik Sahabat

Nama baik shabat,yahh,,,memang kita harus menjaga nama baik sahabat kita. Artinya kita tidak hanya sekedar mendengar dan menerima curahan sahabat kita meski baik maupun buruk. Tentu, kita harus menjaganya juga terutama keburukannya (sifat) atau mungkin tentang keluarganya. Jangan semena-mena menceritakn curahan shabat kita yang brsifat buruk tersebut. Karena itu akan menyakiti sahabat kita dan kita pun ga akan dipercayai oleh shabat kita lagi pa lagi orang lain. Jika kamu ingin menjadi seorang sahabat yang baik pasti kamu akan menjaga nama baik sahabatmu. Dan dengan ini nama baikmu pun akan terjaga.

Yah inilah sepenggal pengetahuan atau cara untuk bisa memahami atau mengerti akan seorang sahabat. Dan kamu bisa menggunakan cara ini untuk memahami sahabatmu insya allah kamu akan menjadi seorang sahabat yang sejati, aminnn……

“Jika kamu ingin dimengerti oleh sahabatmu maka berilah pengertian pada sahabatmu”🙂

friend

Tentang Inayatul Arifiani

percaya diri!!
Pos ini dipublikasikan di cerita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s